Minggu, 07 Juni 2015

Lovany Azzahra ; 8 Juni 2015 - Rahasia Ikan Gabus

Assalamualaikum wr. wb.
saya akan membahas tentang rahasianya ikan gabus.
oke ayo let's check it out


Ikan gabus (Channa striata) hidup di rawa-rawa dan sungai. Ketika musim kemarau, sungai dan rawa-rawa mengering. Ikan gabus menghilang. Namun, begitu hujan turun, sungai dan rawa-rawa kembali dihuni ikan gabus. Hmmm, kemana perginya ikan gabus selama musim kemarau?

Sembunyi Dalam Tanah
Saat musim kemarau, permukaan sungai dan rawa berubah jadi lumpur. Kadang, permukaannya mengering dan bagian dalamnya lembab berlumpur. Selama musim kemarau, ikan gabus mengubur dirinya jauh di dalam tanah. Mereka tidur dalam lumpur. Tidak mencari makan. Hanya mendapat energi dari lemak di tubuhnya. Ikan gabus dapat hidup dalam lumpur, selama insangnya tetap lembab. Jika kelembapan tanahnya berkurang, ikan gabus merangkak semakin dalam ke tanah. Saat musim hujan tiba, ikan gabus kembali merangkak naik ke permukaan tanah. Rawa-rawa yang berair pun dihuni ikan gabus lagi.

Legenda Berjalan di Darat
Konon, ikan gabus dapat merangkak di darat selama 4 hari. Terutama di malam hari untuk mencari tempat berair. Sayangnya, legenda tersebut tidak benar. Ikan gabus memang bisa bergerak di darat selama tanahnya berlumpur. Ikan lain akan mati saat berada di lumpur. Jika lumpur mengering, ikan gabus pun akan mati.

Raja Rawa-Rawa
Ikan gabus makan tanaman, ikan kecil, udang, dan katak. Tidak ada ikan lain yang memangsa ikan gabus. Ikan gabus dijuluki predator sungai tertinggi. Boleh dibilang, ikan gabus adalah rajanya sungai dan rawa-rawa. Hmm, ikan gabus memang pantas dijuluki 'Raja rawa-rawa.' Ikan gabus bukan hanya sebagai rantai makanan teratas. Tetapi juga ikan yang paling pintar bertahan di musim kemarau yang kering.



Nah, ini rahasianya.Oke semoga senang. jumpa lagi sama blogku ya. di comment aja.

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya sangat menarik. Jnagan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2MHDqgH

    BalasHapus